11 June 2007
Hijau Vs Biru
Kemarin siang kita jalan-jalan ke city, dan nyempetin belanja bbrp barang termasuk sikat gigi baru. Satu buatku yang warna hijau, dan satunya lagi yang biru buat mas G. Merk dan bentuknya sama.

Nah sore kemarin, ada yg sedikit kebingungan nih. Waktu mas G lagi di kamar mandi, dan mau sikat gigi, tahu-tahu dia manggil aku. Dan terjadilah dialog ini:

Mas G: sikat gigiku yang baru yg mana nih..?
Aku: yang biru...
Mas G: yg apa?
Aku: biru.
Mas G: biru?
Aku: iya biru *mulai pening nih, lah kok urusan warna jd ribet, hehehe..*
Mas G: *setelah gak kedengeran suaranya bbrp saat* lah ini kan biru semua...
Aku: walah... *I know what happen* itu kan ada yg ijo, dan ada yg biru; yg ijo punyaku
Mas G: *kayaknya mikir rada lama* ooo... punyaku yang bungo ya...
Aku: Lha iya... *huuu lega akhirnya ketemu juga tuh sikat gigi*

Pembaca, kalau dialog itu kedengarannya aneh, ini penjelasannya nih.

Ringkasnya, si mas G lg kumat MA-nya, alias Madura Aslinya, hehehe...

Di Madura, gak dikenal nama warna hijau. Warna yg dlm bhs Indonesia disebut hijau dan biru itu, dalam bahasa Madura semuanya biru. Nah, biru itu banyak ragamnya. Ada biru langit, dan ada biru daun. Biru daun itu ya hijau yg dikenal dlm bhs Indonesia. Hehehe... praktis kan..? Biar gak punya warna hijau, tapi kita bisa njelasin hijau-nya tuh seperti apa. Tak jarang, biru tua itu disebut bungo (dengan 'o' dibaca seperti pada kata 'kokoh').

Nah yg bingung kalau sdh kelamaan bicara dan berpikir dlm bhs Indonesia, terus tahu2 urusan warna ini balik ke cara berpikir orang Madura. Ya bisa kayak sikat gigi itu td keribetannya... Kalau dibilang biru jadi bingung, katanya biru semua, hehehe... Coba kalau kedua sikat gigi baru itu dibedakan sebagai biru dan bungo ... bakalan mudah urusan.

Jadi saranku nih ya, kalau janjian mau ketemu dengan orang Madura di mall misalnya, dan kita belum pernah saling ketemu sebelumnya, jangan janji mau pake warna baju biru atau hijau, sebab bisa bikin bingung org itu. Alamat gak bakal ketemu deh. Mending janji aja pake warna merah atau item yg jelas gak bakal bingungin. Wekekeke...

9 Komentar:

At 12 June, 2007 07:47, Anonymous belly bilang...

kayaknya di mana2 deh kejadian simpang siur ttg warna. pernah denger nggak warna 'biru-biru bukan'? heuheu.. itu kejadian waktu lagi cari songket di palembang, aku bilang cari warna ungu, penjualnya bilang yg itu tadi :P

 
At 12 June, 2007 12:23, Blogger Diana bilang...

kalo ungu masuk biru nggaa...?

 
At 12 June, 2007 12:36, Blogger Ryu`s Mom bilang...

Hahah..lucu juga ya..sama deh sama disini Lampu hijau itu namanya Aoi (biru, padahal jelas-jalas warnanya hijau) Tapi klo yg janjian kudu pake warna merah boleh dicoba juga tuh sarannya klo nanti punya temen org Madura..hehehe

 
At 12 June, 2007 20:02, Blogger NoorIntan bilang...

wis besok belinya yg merah sama kuning, jadi ga rancu... hehe...
kalo aku ini karena pikun sering lupa sendiri sikat gigiku yg warna apa :p

 
At 13 June, 2007 15:53, Anonymous Dhona bilang...

Kebalikan dong Mbak, kalo di Padang tuh biru yang nggak ada. Kalo biru bilangnya hijau juga..

 
At 14 June, 2007 15:38, Blogger Gege bilang...

iya..aku juga pernah kasus kek gitu tuh mbak waktu ke situbondo..Pan disana juga pake bahasa madura..hehehe

 
At 15 June, 2007 11:07, Blogger Ina bilang...

ha ha ha ha..
k=jaka sembung banget ya? kagak nyanbung gitu..
gak nyangka juga tuh, mas G masih madura sekalee...!

 
At 16 June, 2007 12:33, Blogger salma bilang...

Oya.. hihi jadi tambah ilmu neh aku... lucu juga ya, tapi kadang emang biru ma ijo hampir sama kok ya.

 
At 18 June, 2007 16:57, Blogger Mamah 'Little Aras' bilang...

hahahahaha .. iki kejadian jg toh mbak . emang pak G jg MA ya ?

 

Post a Comment

<< Home