24 May 2007
Advance Australia Fair

Tiap bulan pada hari Jumat minggu kedua, di sekolahnya kids ada acara assembly.

Assembly ini ada mirip-miripnya dgn upacara bendera tiap senin di sekolah2 Indo. Masih pada ingat kan di sekolah dulu murid2 berdiri terus selama upacara berlangsung di lapangan, berjemur di bawah teriknya matahari. Waduuuhh… masih terbayang deh gimana dulu kalo tiap hari senin ikut upacara di skolah, panaass, cuaapeeknyaaa dan sebelnyaaa karena harus dengerin pidato kepsek woehehehe…

Bedanya dgn upacara bendera itu, assembly ini lebih nyante. Murid2 pada duduk sepanjang acara assembly. Ini adalah acara gathering dimana seluruh kelas kumpul bersama di halaman tengah sekolah yang beratap yg disebut ‘undercover area’. Biasanya di acara ini murid2 dapat sertifikat penghargaan atas prestasi mereka, seperti kejujuran, team work, helpfulness, dan yg semacam itu.

Biasanya yg ikut adalah murid2 primary school, dari year 1 sampe 7. Tapi sejak masuk di term kedua anak-anak pre-primary juga mulai ikutan acara assembly di skul mereka. Nah, Jumat kemarin adalah assembly pertama buat Afkar dan teman-temannya di pre-primary. Seperti kelas-kelas lainnya, begitu bel skolah teng-teng jam 9, mereka udah bergegas dari ruangan masing-masing sambil membawa kursi sendiri-sendiri menuju ke undercover area.

Acara pertama di assembly adalah nyanyiin Australian National Anthem. Gara-gara harus nyanyiin lagu kebangsaannya Aussie ini, Afkar tiap hari belajar ngapalin lagunya. Sepulang sekolah misalnya, di mobil aku dengerin dia bersenandung lagu itu. Mungkin nih sama gurunya, mereka tuh disuruh mengingat-ingat tiap kalimat di lagu tersebut. Pokoke gak ada waktu terlewatkan deh buat ngapalin tuh lagu. Sampe-sampe main lego-pun, si kacong kecilku ini bersenandung Advance Australia Fairrrr… gitu :D.

Pas nyanyiin lagu itu di assembly, waduuhh aku liat dia tuh semangat sekali. Emang aku gak denger suara dia, kan yang nyanyiin banyak murid-murid. Pastilah suaranya tenggelam diantara yang lainnya. Tapi dari gerak bibirnya, weee… keliatan dong kalo dia bisa ngikutin tiap lirik lagu tersebut.

Semalam nih, mungkin karena masih terngiang-ngiang suasana assembly*maklum pengalaman pertama sihh*, Afkar nge-tes aku. Apalagi kalo bukan urusan si Advance Australia Fair itu. Dia sih gak nanyain apa aku hapal lagu itu. Tapi dia langsung nodong aku buat ngikutin tiap lirik yang dia nyanyiin. Terus dia pura-pura jadi Ms. May, gurunya di kelas, dan aku muridnya.

Afkar: Mommy, you can repeat after me. Terus dia nyanyi bait pertama… Australians all let us rejoice…. Ok Mom 123 sing!!

Aku: *pasti lah ya ngikutin perintah si guru Afkar. Hihihi… sipil liriknya gak begitu panjang masih bisa diapal*

Afkar: *nyanyiin bait kedua*… for we are young and free…

Aku: *masih lancar, bisa ngikutin dia nyanyi*

Afkar: *lanjut ke bait ketiga*… We’ve golden soil and wealth for toil, Our home is girt by sea…

Aku: ???!#$% mulai bengong toeng-toeng, gak tau hrs ngikutin bagaimana karena Afkar nyanyinya mulai cepet

Afkar: *tetap asik nyanyi, bablas ke bait keempat*…Our lands abound in nature’s gift of beauty rich and rare… In history’s page let every stage… Advance Australia fair…

Gak taunya Afkar tuh lupa sama aku sebagai muridnya yang harus mengulang lirik yang dia nyanyiin. Dia malah keasikan nyanyi sendiri sampai lirik terakhir hehehe… Sehabis dia nyanyi, lalu aku tanyain dia… Afkar bisa gak ya Afkar nyanyi Indonesia Raya? Gak nunggu jawaban dari dia, aku langsung aja semangat nyanyi Indonesia Raya. Balas dendam nih ceritanya, masak dia hapal lagu kebangsaan negara lain, coba deh lagu bangsa sendiri. Baru juga dapat sebait, e… tiba-tiba dia nyeletuk… No Mommy, I can’t sing Indonesian*kali maksudnya Indonesia Raya itu*. Oalaaa Cong…, kita ini orang Indonesia bukannya dari Hongkong, jadi harus bisa dong nyanyi Indonesia Raya hihihi… :D.

Labels:

9 Komentar:

At 24 May, 2007 12:52, Blogger Evy bilang...

afkar sayang ayo blajar sm mommy ngapalin lagu indonesia raya yah hihihi afkar lucu jg:p

 
At 26 May, 2007 10:05, Blogger bundAzkaFaqih bilang...

hehehhehee......lucu bgt sih afkar..
sama jeng,aku td bacanya jg sambil coba nyanyiin*pake nada sendiri* widiiiw...tnyt susyee bo..~!

 
At 26 May, 2007 18:28, Blogger Inayah bilang...

ini sih sama penyakitnya ma anakku, mana pernah tau Indonesia raya...ngostraliah sekali pokonya deh!

 
At 26 May, 2007 19:03, Blogger LadyNoor bilang...

hahahaha.... dah kebayang daku nanti ditodong ameera suruh nyanyi ostralian national anthem... :D
sekarang aja di playgroup pas nyanyi bareng2, gw cuma bengong2 aja.. itu baru lagu anak2 ya... heheheh p

 
At 27 May, 2007 11:41, Blogger Vina bilang...

Hahaha..Wah,berarti tiap hr hrs dicekokin Indonesia Raya tuh Mbak..

 
At 28 May, 2007 11:56, Blogger Azzah bilang...

hmm ..semangat nasionalis harus ditumbuhkan nih, ayo mamah-2 semangat :D

 
At 29 May, 2007 22:31, Blogger Bunda Daffa & Darrell - Yanthi bilang...

Wah..mommy kayaknya ada pe-er bwt ngajarin Afkar Indonesia Raya..:)

 
At 11 November, 2008 07:26, Anonymous Anonymous bilang...

You write very well.

 
At 13 July, 2009 10:08, Anonymous Evan bilang...

lebih mati2an kale ya ngapalinnya

org indonesia raya itu kan hampir 3 kali lebih panjang dari advance australia fair

trus hampir 5 kali lebih panjang dari God save the queen (royal anthem nya aussie)

 

Post a Comment

<< Home