05 November 2006
Scar(ku) Bolong

Ini kisah ttg jaitanku yg bbrp minggu belakangan ini bermasalah. Meski jaitan bekas sesar ini dah berumur 5 th, pas banget seumuran Afkar*lha iya… wong sesarnya jg gara2 melahirkan si ganteng mut imut ini*, e… kok ya msh jg terasa snut… snut…. Seingatku dl abis sesar, Alhamdulillah gak ngrasain yg nama nyenut2 di sekitar jaitan. Hanya sewaktu perut msh ditempelin perban super besar itu yg emang terasa gak enaknya, mau batuk aja takutnya setengah mati, perih sih rasanya. Apalagi kalo dibawa ketawa… waduh yg ada mlh banjir air mata hehehe…. Maklum deh namanya jg jaitannya belum kering, kebayang kan gimana perihnya*hayoo… yg pernah sesar msh ingat gak gimana rasanya*. Tp stl perban dilepas, secara jaitannya udah okeh udah gak kerasa apa2 sih, rasa sakitnya jg udah bablas angine… e… perihnya gitcu. Pokoknya kalo ditanya… gimana perihnya dah ilang blom..? perih yg mana… udah lupa tuh… hehehe…

Tp kok bbrp hari ini aku merasa sedikit perih lg di bekas jahitan sesar itu.

Tadinya aku pernah curhat ke mas G, sekitar 2-3 bln yg lalu*lupa2 ingat persisnya* kalo jaitanku yg di sudut sebelah kanan kok terasa nyenut2. terasanya sih kalo aku pas menggerakkan kaki yg kanan. Misalnya nih kalo pas mau naik mobil, kan yg masuk tuh kaki kanan dulu, nah… pas kaki diangkat tuh rasanya kok jaitanku snut2. atau pas mau tidur, posisi tidurku tuh di sebelah kiri, otomatis kaki kanan dl kan yg dinaikin ke tempat tidur. Nah pas ngankat tuh kaki lagi2 jaitanku terasa gak nyaman. Ketika nyetir jg gitu, terutama pas nginjak rem, mungkin krn ada kontraksi di otot kaki kanan yg bikin jaitan ikut2an terganggu. Apalagi mobil kita tuh transmisi otomatis, ya sutra deh… kaki kanan terus yg kepake.

Lama2… kok ya gak cuma snut2, malah terasa perih jg nih jaitan, ada kali tiga minggu belakangan ini sejak mendekati lebaran. Emang gak terus2an sih perihnya, terutama sekali sangat terasa kalo lg ketawa, atau pas lg mau batuk, atau jg pas sneezing alias wahing. Aku khawatir ada luka di sudut kanan bekas jaitan itu.Tp stl aku liat2 sama sekali gak ada luka sekecil apapun. Akhirnya krn sejak Rabu lalu rasa perihnya semakin menjadi, aku bikin janji sama dokter di health centre Curtin Uni. Mas G sih nyaranin mending Kamis-nya aja ke dokter, tp ternyata female dokter jg lg penuh hari itu. Jadilah kita janjian sama dokter hari Jumatnya.

Setelah mengadukan nasibku*duhhh…* sama dr. Allison, dan dia jg meriksa jaitanku, baru deh ketauan masalahnya kenapa kok bisa sampe perih. Ternyata sodara2… jaitanku tuh ada bolongnya*hah..?!*.

Emang gak keliatin sih kalo dr luar. Di perut kan selain kulit yg keliatan itu, ada lapisan yg melindungi organ dalam. Kalau perempuan disesar, maka selain kulit luar, yg dibuka jg lapisan dlm itu. Nah nutupnya dengan dijahit setelah operasi itu juga ada dua. Menurut penjelasan si dokter, di lapisan dalam itu ada jaitan yg undone, yg menyebabkan ada gap selebar 5mm-an di ujung jahitan bagian kanan. Itu yg bikin perih kalau ada tarikan otot yg salah. Kt si dokter sih, kira2 kejadiannya mirip dgn penyebab hernia kalo di cowok. Kt si dokter jg, jaitan yg undone ini bisa sembuh by nature, dan dia pd dsrnya gak bahaya. Krn itu aku cuma disuruh minum panadol utk ngurangi rs perih, dan gak boleh angkat2 barang berat *yuu huuuu… merdeka!*

Tp dokter itu tetap bikinin aku surat pengantar ke dokter ahli bedah, jika seandainya panadolnya gak mempan alias msh terasa sakit, utk re-treatment selanjutnya. Alhamdulillah sejak minum panadol, rasa perihnya sangaaaatttt berkurang, tinggal dikit2 aja nih. Doain ya…

Oya pemirsa, atas saran si dokter jg, aku berlibur kerja slm bbrp hari ini, agar tekanan ke otot perut hilang dulu. Jd ya terpaksa, Bintang Café gak punya primadona utk smntr waktu, hehehe… Dan scr aku lg libur, maka sdh kurencanain, senin pagi besok habis drop the kids di skul, aku mau ke spa berdua sm mas G. Hehehe… Tuhan mmg Maha Adil…

7 Komentar:

At 05 November, 2006 18:33, Anonymous ivo bilang...

Semoga cepet rapet y,, jaitannya. cepet sembuh Y Mba..

 
At 06 November, 2006 09:57, Blogger ratnaningsih bilang...

moga cepat sembuh.

alhamdu mba aku lahirin normal gak rasakan yang perih-perih gitu, gak mau ah...

 
At 06 November, 2006 12:49, Blogger Irma dan Anne bilang...

duh, jadi ngeri ih...moga cepet sembuh ya mbak...enak dong gak usah kerja berat2..liburan nambah nih :D

 
At 07 November, 2006 10:48, Anonymous Anonymous bilang...

Aih-aih...heppy ending doongg..spa berdua suami...jadi mauuuuu

btw cepet sembuh yah mbak, moga yg bolong nutup sendiri..

 
At 07 November, 2006 10:55, Blogger Bunda Faikar bilang...

ya Allah...bacanya jadi seremm ngebayangin ada lobang di perut mbak miming...lekas sembuh ya mbak....apa pergi ke spa ngenyembuhin bolong tsb ato mo ada rencana neehhh qeehqehqeh

 
At 11 November, 2006 19:17, Blogger Raquel Brenda bilang...

Mba miming mudah2an cepat sembuh ya. dah ilang belum sakitnya..?

duh untung aku ngebaca postingan ini soalnya aku juga cesar, berarti aku jg hrs ati2 ya..

 
At 21 November, 2006 14:16, Blogger asyhadi bilang...

Piye iku sing bolong? wis waras?

 

Post a Comment

<< Home