16 November 2006
Kerok-an
Ini kebiasaan Perdana sejak bayi bila ngerasa masuk angin. Duluuuu… seingatku ktk Perdana msh berumur 6 bulanan, waktu itu kita msh di Adelaide, pernah masuk angin. Gejalanya sih… dia tiba2 jd pendiam, pdhl dia tergolong bayi yg ceriwis, suka ngoceh2 yg blm jelas arti dan maksudnya. Trus wajahnya kok ya jd kliatan sendu2 gitu… Nah mulai curiga deh diriku, krn emang gak biasanya dia begitu.

Yg pertama kucek adalah giginya. Kali2… ada gigi baru yg mau tumbuh, nambah teman gigi pertama yg nongol pas Perdana umur 5 bln. Aman… blm ada gigi (lagi) yg mau tumbuh. Gusinya jg blm ada yg bengkak. Trus… cek bagian2 tubuh lainnya jg oke semua. Tp… kok badannya rada2 anget. Walah… mulai deh pikiran yg gak-gak mengganggu diriku, maklum ibu baru tak iye… msh minim pengalaman hehehe…

Trus aku coba mijetin dia pake minyak kayu putih. Siapa tau cuma kecapekan. Kayak kita aja kan… kalo kecapekan jd ngrasa gak enak badan. Waktu dipijet kuliat kok ya Perdana merasa enakan, kayak liyer2 mau ketiduran. Waduh… lega deh, jd cuma capek aja ya Nak… gak ada yg sakit kan..?!

Sambil mijet, aku jg keinget kalo ada bayi yg masuk angin, di kampung nih, suka dikerokin pake bawang merah. Waktu aku kecil kalo lg demam, sama si Mbah suka dikerok pake bawang merah. Lalu dibikinin kompres cacahan bwg merah yg dicampur minyak kelapa trus ditempelin di dahi. Ini obat kompres tradisional, yg rasanya emang dingin shg rasa pusing bisa hilang. Tp… baunya… jangan tanya deh, bayangin sendiri Bawang Merah bo… Andaikan boleh memilih, mending disuruh minum panadol deh hehehe… Tp harap maklum si Mbah lbh paham sm pengobatan tradisional, meski aku ini anak seorang bidan, demi cucu kesayangan beliau, ngalah deh ibuku. Toh terbukti manjur kok… Abis ditempeli kompres si saudara tiri bawang putih bablas angine…

Bektu Perdana… Akhirnya aku pingin jg mraktekin kerok-an ala bawang merah itu ke dia. Apalagi mas G waktu itu nawarin ide yg sama. Cobain yuk kita kerok pake bawang merah… gitu deh. Bawang merahnya kita kupas dulu, terus diiris dikit salah satu ujungnya, baru deh kita kerokin ke punggungnya Perdana pake baby oil. E… ternyata timbul jg tuh garis2 pink. Ya… emang hasilnya gak semerah kerokan pd orang dewasa… namanya jg masih bayi. Oalah… emang benar masuk angin toh bayi gembul-ku itu…

Lama kelamaan… sp segede skrg, udah jd kebiasaan Perdana minta dikerokin kalo lg masuk angin atau gak enak badan. Ketagihan deh… Kayak minggu malam kemarin, ktk makan malam, dia meraba2 dahinya. Trus nanya ke aku… am I sick Mom...? Aku cek emang agak2 anget. Aku suruh dia cepat2 abisin maemnya, lalu… ritual dimulai…

Gosokin punggungnya dulu sama minyak kayu putih sambil dipijiten. Nyari2 koin, bukan bawang merah lg loh… udah gak mempan wong badan udah segedebuk gini, 27 kg jeehh… Dicuci bersih dulu koinnya, baru deh mbah dukun bertindak wuahahaha… Gantian nih punggung yg sbl kiri aku yg ngerokin, bag yg kanan mas G yg nglanjutin. Hasilnya… liat aja sendiri di foto, merah kan…?!

Abis dikerok… seger lagiii, langsung aja balik ke aktifitas kegemarannya, main silat2an tuh sama adiknya. Masuk angin…? Cobain deh obat mur-mer: kerok-an hehehe…

1 Komentar:

At 19 November, 2006 13:10, Blogger Ina bilang...

gak cuma anakmu loh mbak Ming, Hamamah sama Nurul juga begitu, anak endonesah banget deh.

Tapi aku juga gak ngebiasain, kalau emang obat dah gak ngaruh berhari-hari, baru tak kerokin...beneran, manjur!

 

Post a Comment

<< Home