24 August 2006
Jauh di Mata… Dekat di Hati

Ini tentang sepupuku, tepatnya sepupunya mas G, yg skrg lg studi di Jepang. Udah lamaaa buaanget kita gak ketemuan dg dia. Terakhir kali kita ketemu *seingetku* di th 98 waktu kita nikahan. Setelah itu…

Belum pernah lg kita ketemu dia. Cerita ttg dia yg kita denger dr alm. Ummi *ibu mertuaku* waktu dia menikah pinjem samper *Madura style nih* or kain panjang yg rencananya mau dipake mas G pas acara resepsian pernikahan kami. Kita gak sempet ngadain acara resepsian krn keburu mas G berangkat ke Adelaide buat ngambil Master. Beruntunglah si sepupu kami ini bisa manfaatin samper itu *tp cuma buat dipake pas nikahan doang kan hehehe*. Setidaknya kesampaian jg maksud samper itu dibuat.

Terusss… kita cuma dengar cerita kalo dia lg dia di Aceh, krn kerjanya di sana. Anaknya yg pertama jg lahir di Aceh, tp kita *lagi2* cuma dengar ceritanya doang, belum kesampaian jg mengenal ponakan baru .

Lalu… bleng… gak ada kabar lg ttg dia. Biasanya kalo pas lebaran, pas kita bertamu ke tempat sepupu2nya mas G sll aja ada yg ditanyain… si Ini lg di mana nih? *terutama yg merantau*. Lagi2 ttg dia dan klg-nya belum ada perkembangan cerita. Menurut kabar yg beredar… dia msh tinggal di Aceh. Wah sayangnya kita2 gak ada yg punya kontaknya. Pdhl kalo sj kita punya no hp-nya, biar gak ketemuan msh bisa ngontak kan? Msh bisa nyambung tali persaudaraan gitu loh…

Sejauh2nya burung terbang pasti balik ke sarangnya… tp sepupu kami bukan burung lho hehehe…. Lebaran th 2005 kemarin, e… tiba2 dia muncul di rumah mertuaku. Tul kan… sejauh2nya kita merantau pasti kangen pingin nginjak tanah kelahiran. Jd meski bude kami, ibunya dia, udah pindah ke kota Pamekasan, lebaran yg lalu dia sempetin bersilaturrahmi dg sodara2 di Sumenep. Kota Pamekasan gak jauh2 amat dr Sumenep, hanya 1 jam perjalanan darat. E… kebetulan jg istrinya, mbak Ave, orang Sumenep, mantan kakak kelasku jaman SMA dulu. Tp emang belum jodoh kali ya… waktu itu aku dan mas G gak ketemu sm dia *lupa kita lg kemana ya..?*. Untungnya kali ini dia sempat ninggalin kita no hp-nya. Biarpun kita gak ketemuan, kita msh bisa telpon2an. Aman deh ada bekal no hp buat ngontak dia.

Tiba2 sj suatu malam, pas kita ber-2 lg nyeritain ttg sepupu2 *biasa… suka teringat jadul ktk msh kecil*, lah kok mas G teringat sama sepupu yg satu ini. Iyang skrg dimana ya…? Sbenarnya sih namanya Ridwan, tp di keluarga kita lebih populer dipanggil Iyang. Apa dia msh di Aceh… atau…?

Pucuk dicita ulam tiba.... rasa penasaran kita terjawab keesokan harinya. Tiba2 sj dpt imel dr seketariat Pollokda UGM, ngabarin kalo ada orang yg ngaku sepupunya mas G. Stlh kita baca imelnya dan identitas orang ini, ealah… ini betul2 100% si Iyang sepupu kami itu. Pas betul deh, pas dirasanin e… tiba2 nongol. Ya emang gak mak jreng… orangnya yg nongol, emangnya sulap wong kita lg beda tanah air kok, yg satu lg di tanah Oz, satunya lg di tanah Jepun. Tp dunia emang gak sesempit daun kelor, msh ada yg selebar desktop hehehe… cukuplah buat sekedar ngobrol dg dia di Y!M. Yg penting dekat di hati tak iye… ;).





P.S: Buat ponakans… Mutia dan Hana, salam kenal ya dr kami.

Mutia dan Ibu-nya.

5 Komentar:

At 25 August, 2006 04:28, Blogger dian decante bilang...

iya..tetap balek meski udah jauh merantau

 
At 25 August, 2006 22:15, Anonymous Ridwan or Iyang bilang...

Maaf Mbak Miming, tadi aku lagi sibuk telepon rumah Bogor. Si Mutia sakit dan minta ditelepon, kangen kali. Pas telepon, dengar beberapa kali ajakan konferensi dari sampeyan. Lain kali mungkin bisa.

Eh, ini ada foto Muti dan Ummi Rika? Wah, ada royaltinya tuh pasang foto orang, hehe. Tapi nggak mahal koq, cuma sepanci kaldu kokot dan kroket ala Sumenep hik hiks. Tolong kirim nggak pakai lama....

Sebenarnya saya sudah sms ke hp Mas G yang dulu diberikan Wiwik waktu kami sowan ke rumah Rama Karim. Mas G pesan bahwa ini nomor berlaku sampai Februari. Lha, saya sms nya bulan Juni, jadi sudah nggak aktif. Maklum pengumuman lulus seleksinya bulan Juni. Gitu loh.

Terakhir, saya bukan bangsa burung, meski punya satu. Jadi, suatu saat pasti pulang kampuang hehe.

Wis yo, masu siap2. Besok ada acara homestay 2 hari di Otsu-shin. Wish me luck.

Mator sakalangkong [madura]
Syukron Jaziilan [arab]
Selamat [tagalog]
Rahmat [uzbek]
Kuci [miyanmar]
Domo arigato gozaimasu [nah, yang ini pasti nihonggo]

Mohammad Ridwan
PS: sori kepanjangan. soale kangen berat .....

 
At 25 August, 2006 22:16, Anonymous Ridwan or Iyang bilang...

Maaf Mbak Miming, tadi aku lagi sibuk telepon rumah Bogor. Si Mutia sakit dan minta ditelepon, kangen kali. Pas telepon, dengar beberapa kali ajakan konferensi dari sampeyan. Lain kali mungkin bisa.

Eh, ini ada foto Muti dan Ummi Rika? Wah, ada royaltinya tuh pasang foto orang, hehe. Tapi nggak mahal koq, cuma sepanci kaldu kokot dan kroket ala Sumenep hik hiks. Tolong kirim nggak pakai lama....

Sebenarnya saya sudah sms ke hp Mas G yang dulu diberikan Wiwik waktu kami sowan ke rumah Rama Karim. Mas G pesan bahwa ini nomor berlaku sampai Februari. Lha, saya sms nya bulan Juni, jadi sudah nggak aktif. Maklum pengumuman lulus seleksinya bulan Juni. Gitu loh.

Terakhir, saya bukan bangsa burung, meski punya satu. Jadi, suatu saat pasti pulang kampuang hehe.

Wis yo, masu siap2. Besok ada acara homestay 2 hari di Otsu-shin. Wish me luck.

Mator sakalangkong [madura]
Syukron Jaziilan [arab]
Selamat [tagalog]
Rahmat [uzbek]
Kuci [miyanmar]
Domo arigato gozaimasu [nah, yang ini pasti nihonggo]

Mohammad Ridwan
PS: sori kepanjangan. soale kangen berat .....

 
At 26 August, 2006 21:08, Blogger Evie bilang...

wah mbak, ngomong2 soal pamekasan aku jadi inget....pacar pertamaku dulu asalnya dari pamekasan. wehehehe...

 
At 28 August, 2006 16:20, Blogger Mamahoney bilang...

halo halo salam kenal jg yaa Miming, trima kasih sdh berkunjung :)

 

Post a Comment

<< Home