12 February 2007
Sontoloyo
Sutres nihh… gara2 mikirin kastemer di restoran yg lalai gak menunaikan kewajibannya.

Mereka itu adalah sepasang keluarga dg satu putri. Aslinya sih bukan orang Indo, tp tetangga sebelah dr negeri singa. Orderan mereka malam itu adalah mie ayam jamur, nasi seafood bakar, es kelapa muda, dan satu minuman kaleng. Karena mereka hanya bertiga, aku persilahkan mereka duduk di meja nomer 1, yg kebetulan malam itu tersedia 3 kursi. Pinginnya sih udah gak mau nginget2 mereka lagi, tapi… daripada aku sutres tak iye, mending aku ceritain aja di sini. Kali aja yg ikutan baca ketularan stres, hehehe… gak kok dijamin deh. Silahken dibaca aja…

Ini ttg kejadian Sabtu malam kemarin. Pas itu aku lg giliran dinas malam, hihihi… maksudnya kena shift jam-nya dinner dr jam 5 sore sampe jam 11 malem.

Secara Sabtu malam itu adalah malam minggu*hehehe iya lah yauw*, restoran rameee banget. Gak tanggung2 nih, sekali dateng kastemer-nya berombongan. Bayangin aja yg dateng 10 orang sekaligus, atau rombongan kecil yg cuma 6 orang. Restoran jd full of body wuehehe… Akibatnya tata letak meja kursi jd acakadul, krn hrs digabung sana-sini demi memenuhi kapasitas kastemer yg datang.

Saking ramenya restoran yg di sebelah kita jg dipake buat kastemer yg gak kebagian tempat. Oya sekarang Bintang Café punya tempat satu lagi persis di sebelahnya. Tempatnya sih belum diapa2in, maksudnya belum diseting ala restoran. Baru ada dua meja di situ, dan biasanya dipake kalo resto yg ‘sebenarnya’ lg full.

Kebetulan malam minggu kemarin, aku bertugas di depan jaga kasir. Disamping jd kasir, aku jg ngurusin orderan kastamer. Dari mulai ngambilin doket orderan menu mereka, lalu menyajikannya makanan dan minuman di meja, dan terakhir ngeberesin meja stl mereka selesai makan. Pokoke melayani mereka dari A to Z hehehe…

Kemarin malam tuh selesai melayani pembayaran dr kastemer di meja 2, aku cepat2 ngebersihin meja mereka. Karena sebelum orang yg nempati meja 2 pergi, udah ada kastemer lain yg nungguin meja itu di luar. Abis mempersilahkan kastemer baru duduk, aku balik ke meja 4 di seberang meja 2. Kebetulan meja ini udah bayar duluan sebelum makan, jd stl penghuninya pergi aku tinggal ngebersihin meja aja.

Pas aku balik ke arah dapur buat naruh piring dan gelas kotor, kok ya tiba2 aja filingku gak enak. Sekilas aku noleh ke arah meja-meja, takut msh ada kotoran yg ketinggalan. Kinclong semua kok… Tapi… loh kok meja 1 udah gak ada penghuninya..?! Wah panik sekali diriku. Buru2 aku cek doket orderan meja 1, ternyata masih ada di gantungan. It means… mereka tuh belum bayar. Karena setiap kastemer yg sdh bayar, doketnya tuh langsung kita turunin dr gantungan. Aku coba tanya ke boss, siapa tau mereka udah bayar ke boss, sementara aku sibuk ngebersihin meja. Olala… baik boss maupun teman2 lainnya yg di dapur gak ada yg melayani mereka di kasir.

Langsung aja aku cepat2 ke luar resto, siapa tau mereka msh di parkiran. Jd aku bisa nagih pembayaran mereka. Tp setelah ngubek2 parkiran, malah sampe ke jalan raya segala, gak ketemu juga tuh orangnya. Duh sebelnya… Masak iya sih abis makan lupa bayar. Atau malah sengaja kali ya… mumpung lg rame langsung cabut aja, kan gak ada yg perhatiin ini. Wah tega banget kalo gitu…

Untung jg lagi rame, jd aku gak sempet ngomel2in orang itu. Kupikir biar aja lah, yg dosa mereka ini. Mending aku konsen ke kerjaan, secara kastemer semakin malam malah tambah rame.

Tapi… tetap saja sih msh kebayang kejadian itu. Belum lagi maluuu dan ngarasa bersalah sama boss, kok ya bisa gitu loh gak merhatiin kastemer yg pergi*maapin ya boss ;p*. Kesannya teledor yaa… :(

Huuuhh… sontoloyo polo-polo temorokoyo*kakakaka… ngomel-ngomel jg akhirnya dirikyu :D*

6 Komentar:

At 12 February, 2007 21:41, Blogger Bunda Faikar bilang...

perlu dingat ingat tuh mbak, wajahnya mana tau nanti mereka akan datang lagi, kan dibisa ditagih hehehehe
smoga restonya tambah rame ya mbak...

 
At 13 February, 2007 07:26, Anonymous Anonymous bilang...

don't worry, i don't think you can be blamed because of that...
maybe in asia you'd get blamed, but not here because *as you said* it is their obligation to pay and they failed it...
salam kenal ya Miming... aku sering ke sini baca2 but baru skrg ninggalin komen.. :)
~Intan~

 
At 13 February, 2007 11:04, Anonymous Anonymous bilang...

oo..ini to yang bikin stress..mudah2an skrg udah ga ya? :)

 
At 13 February, 2007 12:13, Blogger NiLA Obsidian bilang...

mogaaaaa2....si kastemer itu cuman lupa doang yaaa...bukannya disengaja...
jdi sewaktu2 balik lagi.... dia inget bayar dobel......hhehehe
amiinn

 
At 14 February, 2007 20:45, Blogger IrA bilang...

Ternyata gak semua-nya org punya sifat baik yah..
Di ambil hikmahnya aja yah mbak..reken2 buat pengalaman

 
At 19 February, 2007 23:51, Blogger Raquel Brenda bilang...

Masih kesyel ma kastemer itu ngga mba?.. yg sabar ya mba..sapa tau mereka emang lupa beneran.. smoga mrk ngga malu untuk dtg n bayar ya..

 

Post a Comment

<< Home