26 September 2006
Puasa beduk

Puasa di negeri org, emang kerasa kalo banyak hal yg ilang. Di kampung kan puasa itu sgt indah dan meriah, semua org menyambut bulan Ramadhan dengan ragam cara yg semuanya penuh gembira. Kebayang kalo di Yogya, menjelang buka puasa Jl. Kaliurang dekat kantor pusat UGM rame banget sama org jualan makanan. Ato kalo di Sumenep, abis subuh (apalagi kalo hari Minggu) pasti rame org jalan2 stlh subuhan di masjid jamik (trus pasti abis jln2 itu tidur sampe hampir dhuhur, kekekeke…).

Di Aussie jelas gak ada suasana spt itu. Dulu… pertama kita puasa di Adelaide, rasanya hambaarrrr… banget, dan bikin sedih. Tp lama2 jadi kebal jg… hehehe. Kita akhirnya belajar utk membikin suasana sdr. Kayak kalo sahur nih, biar suasananya rada mirip2 di kampung, kita makan sambil putar MP3 surat Ar Rahman, terus menjelang waktu subuh kita putar MP3 Tarhim nyambung sama Adzan…

Dan Alhamdulillah, hari kedua puasa aku bisa ikutan puasa jg. Kita mulai puasanya hari minggu. Hari pertama puasa, hari Minggunya nih, aku ikutan sahur bareng mas G. Tp… apa daya… namanya jg seorang wanita tak iye ada aja halangannya yg batalin puasa. Belum sp waktu beduk duhur, baru jg jam 8 pagi aku dah batal puasa. Ya… ‘si bulan’ ternyata blm kabur jg. Batal deh….

Tadinya Perdana jg mau ikutan bangun sahur, tp… kok ya tiba2 gak tega mau bangunin dia sepagi itu apalagi hari Minggu tuh dingin banget, secara di sini masih spring alias musim semi. Perdana sih udah pesan pas sbl tidur minta dibangunin pas sahur. Tapi kita jg sdh jelasin ke dia, kalo anak2 sahurnya boleh pagi2 stlh bangun tidur, gak harus bangun jam 3 pagi spt org tua.

Ini emang kali kedua Perdana belajar puasa. Yg pertama puasa thn lalu waktu kami bisa berpuasa di Sumenep. Dia mulai belajar puasa beduk, sahur ikutan bangun terus puasa sp beduk duhur, lunch dulu, terus lanjut deh puasanya sampe waktu buka. Tp slm dia masuk sekolah, kita ngasi ‘kelonggoran’, puasanya hanya hari Sabtu dan Minggu secara dia libur. Untungnya mulai minggu depan, Perdana libur sekolah selama 2 minggu, mudah2an dia bisa nerusin puasa beduknya.

Oya, Afkar jg mulai ikut2an blajar puasa. Atas ‘perintah’ Mas-nya, Minggu kemarin dia jg ikutan puasa. Bangun tidur, Perdana udah bilangin ke Afkar kalo puasanya anak kecil boleh sampe jam 10 pagi, hehehe… ada diskon rupanya dr puasa beduk. Dan, eh bener loh… dibilangin gitu Afkar nurut2 aja, jd tetap spt biasanya, pagi2 sarapan dulu trus minum susu cokalt. Setelah itu seharian sampe jam 12 Afkar gak ngemil apa2. Kupikir… tahan jg nih si ganteng. Aku tawarin lunch gak mau, ditawarin snack kesukaan dia pun geleng2 kepala. Wah hebat nih anakku… mantap jg blajar puasa. Tp rada2 cemas jg sih, masak iya Afkar tahan puasa sampe jam 12..? takutnya ntar yg ada dia malah lemes. Pdhl dealnya td dg Mas-nya, puasanya hanya sampe jam 10. sampe lewat jam 11, aku tawarin sgala macem dia tetap keukeuh, gak bergeming. O… ternyata e ternyata, stl denger bisik2 mereka rupanya mereka lg bikin kesepakatan baru.

Gini nih kesepakatannya…

Mereka kan msh punya sebungkus snack Taro yg hrs dibagi sama rata sama rasa. Menurut perdana, biar adil baginya, maemnya hrs barengan. Kalo mau dimaem barengan tentunya hrs di waktu yg sama kan… pdhl jadwal berbuka mereka ada selisih 2 jam. Perdana bukanya jam 12, sedangkan Afkar jam 10. nah mulai deh Perdana melancarkan rayuannya… ‘Dik… bukanya jam 12 aja ya, kalo mau jam 10 Taro-nya gak boleh dimaem’. Tuh kan dibalik rayuannya ada ancaman jg. Adiknya sih mau2 aja, lha wong dia bener2 belum paham apa bedanya jam 10 sama jam 12, yg penting kan Taro-nya. Walah demi si Taro nih… Afkar tahan jg puasanya sampe beduk…

Sambil nunggu beduk, mereka berdua bikin kesibukan maisng2. Perdana sibuk ngerapiin kamarnya, dan masuk2in barang dia ke drawer yang baru aja ditaruh di kamarnya. Afkar ketangkep basah lagi ngamar sambil megangin gameboy…



5 Komentar:

At 26 September, 2006 14:37, Blogger silvy nugroho bilang...

he...he...Alhamdulillah punya anak-anak spt perdana dan afkar ya ming...

di sini lagi siang-siang,panas, ngantuk...liat afkar boboan di kasur empuk..jd pengeeen...

 
At 26 September, 2006 15:13, Blogger Mama Firza bilang...

hik's.. jadi keinget suasana puasa di Yogya, kangen keliling UGM pas buka puasa.. sekarang pasti tambah macet yach... *kebayang deh*

 
At 26 September, 2006 18:03, Blogger farrel's mom bilang...

ngabuburit maen gameboy asik juga yak?!

 
At 26 September, 2006 22:22, Blogger Vina bilang...

Waah, Perdana bakat jd diplomat nih, jago neglobi.. Kekekekkk..

 
At 09 October, 2009 20:22, Anonymous Dikki setiawan bilang...

HAi surat mp3 ar rahman download dimana?

acrux@ovi.com

 

Post a Comment

<< Home